Cara Cek Motherboard Komputer tanpa Alat apakah masih nyala atau tidak

 



Saat COD dadakan beli Motherboard bekas kadang jadi Was-was karena namanya bekas takutnya tidak menyala.

Atau Saat beli di barang bekas atau tempat loak Nemu Motherboard. Tentu kita penasaran apakah masih nyala atau tidak. Kalau nyala kan lumayan kaya Nemu harta Karun. Beli murah jual lumayan mahal atau bisa kita pakai.

Atau belum punya alat tes kearusan listrik seperti OHM meter atau sedang sedang tidak bawa alat dan disuruh saudara/teman untuk bantu cek motherboardnya?

Jangan khawatir Cara simpel ini bisa mendeteksi masih hidup atau tidak dan cara ini juga bisa mengecek ada gangguan atau tidak di salah satu hardware seperti processornya.

Nah bagaimana caranya?

1. Bongkar semua part hardware komputernya Mulai dari processor, Motherboard, RAM, VGA, Power Suply (PSU) hingga Kabelnya.

2. Coba Pasang/colokan kipas processornya ke Motherboard plus Pasang Power Suply (PSU) juga ke Motherboard yaitu Kabel 24pin plus 4/8pin processornya aja ke Motherboardnya.

3. Lalu colokan Power Suply (PSU) ke Listrik. Nah jika kipas processornya berputar kencang berarti Motherboard masih Nyala.

4. Untuk mengetes nyala sampai no. 3 saja cukup namun ada yang perlu dicek lagi yang penting yang sering dilupakan yaitu slot RAM Motherboardnya. 

5. Nah untuk mengecek slot RAM Motherboardnya tinggal pasang RAM nya ke slot RAM Motherboardnya yang dipasang 1 dulu ke slot pertama.

6. Nah jika nyala dan kipas berputar kencang tanpa berhenti berarti slot RAM pertama oke, lalu tinggal RAM pasang di slot ke dua.

7. Jika Kipas berputar kencang lalu berhenti tiba-tiba dan berputar kencang lagi dan berhenti tiba-tiba lagi dan trus seperti itu berarti Slot RAM Motherboard rusak. 

8. Artinya tidak seratus persen Motherboard sehat, Motherboard slot ke dua rusak. Masalahnya biasa ada pin dudukan processornya motherboard yang patah atau bengkok.

9. Nah Jika ingin cek VGA juga coba tancapkan VGA ke motherboard juga. Jika kipas tidak berputar atau berputar lambat sekali berarti VGA nya rusak.


Baca juga

SAAT MAU UPGRADE KOMPUTER PC BAIKNYA APA DULU?


Komentar

Postingan Populer