Serial Drama Sejarah Shogun 2024 tentang politik kekuasaan, kehormatan dan budaya jepang

 

    Serial drama sejarah Jepang tentang orang paling berpengaruh nomer 1 di jepang yaitu Shogun telah baru dirilis. Ini mendapatkan sambutan cukup baik dengan lebih  9juta penonton dalam 6 Hari. 

Teman-teman yang kurang paham politik kekuasaan dan strategi berpolitik sangat cocok untuk mulai belajar disini karena alur cerita akan menyuguhkan itu semua dalam kemasan yang cukup penasaran sehingga bisa terhanyut dalam cerita alias tidak ngantuk.

Selain itu jika teman-teman suka budaya Jepang, ini akan menggambarkan bagaimana seorang samurai hidup dengan penuh keberanian demi kehormatannya. 

Inti dari Alur cerita ini adalah ketika seorang Shogun mati namun keturunannya yang seorang penerusnya belum siap menjadi Shogun karena umur yang masih sangat muda.

Disini terjadi pergolakan atau perselisihan tentang nasib penguasa nomer 1 di Jepang, karena kekuasaan Shogun itu dibangun oleh kurang lebih 4 klan atau partai besar dengan berbagai kepentingannya masing-masing.

Shogun sebelumnya bisa mengendalikan semua klan tersebut terutama ada satu klan yang sangat setia kepadanya. Nah dengan matinya Shogun, para klan Besar khawatir karena si Bocil anak Shogun takut tidak bisa mengkontrol atau lebih tepatnya memberikan keinginan setiap klan tersebut.

Shogun sebelum wafat sadar hal tersebut dan mewasiatkan kepada salah satu klan setianya untuk menjaga anak Shogun untuk bisa naik tahta lagi. Dan Shogun sebelum wafat membuat trik juga Salah satu caranya dengan membagi beberapa klan kuat ke beberapa bagian. Ini mirip ketika Presiden Habibie Menjabat presiden, Bj Habibie membagi kekuatan Partai Golkar dengan cara melonggarkan pembuatan partai baru.

Tujuannya tentu agar tidak terjadi monopoly kekuasaan seperti Partai Golkar di jaman Orde Baru. Trik ini memang sedikit berguna nantinya karena beberapa klan besar memiliki kepentingan masing-masing.

Namun di awal tidak begitu terlihat, Karena di awal tiga klan besar memiliki misi yang sama yaitu menggulingkan satu klan yang setia kepada Shogun.

Nah ini menarik disini, Klan yang setia berusaha melawan ketiga klan besar lainnya, Klan yang setia tidak bisa menggunakan kekuatan militernya karena sadar akan kekuatanya untuk melawan ketiganya akan sulit.

Trik politik Klan setia disini yang akan diceritakan bagaimana manuvernya, beberapa triknya, Pertama mencari bantuan orang asing (gajin), karena kebetulan masa itu orang barat sedang ada misi untuk penjajahan perluasan wilayah dan sasarannya Jepang.

Orang Asing pun terbagi ke dalam kubu yang berbeda yaitu orang kristen yang lebih dulu sudah datang dan sudah bergabung juga ke dalam beberapa partai klan, Dan yang terbaru orang kristen protestan.

Nah trik selanjutnya adalah trik pecah belah ketiga klan besar tersebut dengan cara memasukan orang Asing kristen Protestan dalam permainan kekuatan.

Selanjutnya Hal menarik lainnya tentu Budaya Jepang, Terutama seorang Samurai bagaimana bertindak. Bagi seorang samurai kehormatan adalah segalanya. Mereka lebih rela mati harakiri sebagai penebuasan dosa dari pada Tuannya dihina.

Tak luput juga pemandangan keindahan negeri jepang pada masa itu terutama bangunan dan tempat-tempatnya.

Menarik bukan? Apalagi anda cita-cita menjadi seroang politikus atau seorang Pengusaha, Bagaimana bermanuver dengan sumber daya yang ada dan memanfaatkan sumber daya lainnya.

Baca juga  Review Zom 100 : Mewujudkan 100 Impian Sebelum Menjadi Zombie



Komentar

Postingan Populer