Viral Nikah Muda vs Nikah Usia Matang

 



Baru-baru ini Viral di sosmed tentang penyesalan seseorang nikah di umur matang karena terlalu khawatir dengan ekonominya yang dikira masih serba kekurangan.

Namun setelah dijalani Alhamdulillah semua rejekinya terbuka, penyesalan terbesarnya nikah usia matang karena belum sempat diketahui ibunya karena berpulang lebih dulu. Padahal Ibunya sudah menyuruhnya nikah dari dulu.

Dari viral tersebut yang menarik adalah komentar yang terbagi dua kubu antara yang mendukung menikah muda atau usia matang, Jadi mana yang seharusnya?

Nah Saya searching data menemukan fakta bahwa kasus perceraian capai 2888 kasus 81% karena usia muda.

Penyebab mulai dari pertengkaran hingga Ekonomi, Namun intinya karena Masalah pendidikan yang rendah. Perceraian pendidikan SD 56 %, 25 % SMP, sisanya SMA dan Sarjana.

Tentu jika tarik benang merah mengarah kepada kurang dewasanya disebabkan pendidikan yang kurang sehingga merembet kepada ekonomi dan cara bertindak.

Juga jika dicek di agama tidak ada spesifikasi umur baiknya (cmiw) berapa nikah, tapi lebih ke arah kesiapan. 

Yang ada hanya hukum wajib, bagi yang takut Zina jika menahan menikah, Sunah bagi yang mampu materi tapi masih bisa menghindari zina, makruh bagi yang mampu tapi tidak melaksanakan, haram bagi yang malah mengarah kepada kekerasan nantinya.


Sebenarnya nikah mudah juga tentu lumayan yg berhasil, Yups tergantung kedewasaannya.

Kalau menurutku nikah muda atau usia matang memiliki resiko masingmasing, seperti nikah muda cenderung ekonomi masih belum mapan dan kedewasaan masih belum berpengalaman tapi stamina masih oke.

 Sebaliknya Nikah matang memang cenderung lebih dewasa dan agak mapan namun stamina sudah mulai berkurang.

Cenderung ya artinya belum tentu juga, dan mapan disini artinya setidaknya sudah mandiri.

Ini memang pro dan kontra, Walaupun banyak yang nikah muda gagal, tapi ada yg nikah muda berhasil, sebaliknya ada yg nikah usia matang juga berhasil dan gagal juga, menurutku pembedanya kesabaran saja, karena setiap pernikahan ada ujian nya masing-masing dari Allah, yang berhasil yang sabar.


Baca juga Trends Berburu Takjil Non Islam yang Viral




Komentar

Postingan Populer