Miliki CashFlow dan Cash yang Sehat agar jiwa tidak Gila

 


Sering mendengar uang bukan segalanya tapi tidak ada uang bikin segalanya pusing. Mau kerja ini pusing, mau kerja yang itu jadi ga fokus.

Trus ngapain cari uang terus uang ga dibawa mati, Lah ke tanah suci ga pakai uang? Sodaqoh ga pakai uang? Menghidupkan keluarga tidak pakai uang?

Nah setidaknya itu pentingnya punya Cash agar Jiwa kita tetap waras. 

Begitu juga dengan di Dunia Bisnis kita harus paham perbedaan Omset, Profil, Cashflow dan Cash. 

Agar kita bisa menggunakan uang kantor untuk menjalankan roda bisnis dan bisnis dalam keadaan sehat tidak sakit.

Omset adalah Hasil seluruh penjualan produk dagangan kita. Omset besar belum tentu lebih baik dari omset kecil.

Tapi Omset yang lancar dan stabil lebih baik dari Omset besar atau kecil. Ya, Karena kadang Omset besar belum tentu profit atau untungnya besar.

Lalu Omset kecil belum tentu profitnya kecil juga. Semua tergantung pengambilan keuntungan, kecepatan perputaran dan perkaliannya.

Sebagai contoh Omset menjual properti memang besar tapi apakah profitnya lebih besar dari YouTuber? 

Ya, Semua tergantung hal tiga di atas, YouTubers walaupun pengambilan keuntungan kecil namun perputaran dan faktor kali sangat besar.

Selanjutnya Profit adalah keuntungan dalam bisnis. Artinya keuntungan dari hasil penjualan produk setelah dikurangi biaya manajemen hingga pajak.

Jadi profit bukan langsung dari ambil untung setelah harga jual dikurangi biaya produksi tapi harus dikurangi manajemen hingga pajak.

Jadi kadang profit yang dikira bakal besar setelah dikurangi yang tadi jadi kecil bahkan kecil sekali.

Selanjutnya Cashflow adalah perputaran uang di bisnis. Ibarat darah dalam tubuh kita yang membawa oksigen ke seluruh tubuh kita.

Tanpa darah yang mengalir tentu kita tidak bisa hidup. Begitu juga dengan bisnis, Tanpa ada uang yang diputarkan bisnis tidak bisa berjalan.

Uang untuk beli bahan produksi, uang untuk transportasi, uang untuk produksi, uang untuk operasional, uang untuk konsumsi hingga uang untuk listrik. 

Kita perlu paham perputarannya yang paling sederhana perputaran uang masuk dan keluar. 

Uang yang masuk lebih besar ketimbang pengeluaran dan hal tersebut stabil Ini menandakan bisnis dalam keadaan sehat. 

Selanjutnya Cash yaitu uang yang disimpan yang bisa kita pakai kapanpun. Nah ini yang krusial karena tidak ada Cash artinya siap-siap mati mendadak.

Seperti dalam berkeluarga tidak ada uang bikin kita pusing setengah mati. Karena sering pengeluaran mendadak tidak terduga muncul seperti tiba-tiba ada keluarga sakit.

Begitu juga Bisnis, kadang tiba-tiba ada eror kesalahan dan ini hal yang sering terjadi dalam bisnis.

Jadi mulailah menyimpan Cash dengan benar dan rapih. Ada yang bilang Cashflow is King, Cash is Queen, kalau aku bilang Cash is Kewarasan.


Baca juga SEO Jualan yang masih ada sedikit celah dan Harapan.

Komentar

Postingan Populer