Langsung ke konten utama

Miliki CashFlow dan Cash yang Sehat agar jiwa tidak Gila

 


Sering mendengar uang bukan segalanya tapi tidak ada uang bikin segalanya pusing. Mau kerja ini pusing, mau kerja yang itu jadi ga fokus.

Trus ngapain cari uang terus uang ga dibawa mati, Lah ke tanah suci ga pakai uang? Sodaqoh ga pakai uang? Menghidupkan keluarga tidak pakai uang?

Nah setidaknya itu pentingnya punya Cash agar Jiwa kita tetap waras. 

Begitu juga dengan di Dunia Bisnis kita harus paham perbedaan Omset, Profil, Cashflow dan Cash. 

Agar kita bisa menggunakan uang kantor untuk menjalankan roda bisnis dan bisnis dalam keadaan sehat tidak sakit.

Omset adalah Hasil seluruh penjualan produk dagangan kita. Omset besar belum tentu lebih baik dari omset kecil.

Tapi Omset yang lancar dan stabil lebih baik dari Omset besar atau kecil. Ya, Karena kadang Omset besar belum tentu profit atau untungnya besar.

Lalu Omset kecil belum tentu profitnya kecil juga. Semua tergantung pengambilan keuntungan, kecepatan perputaran dan perkaliannya.

Sebagai contoh Omset menjual properti memang besar tapi apakah profitnya lebih besar dari YouTuber? 

Ya, Semua tergantung hal tiga di atas, YouTubers walaupun pengambilan keuntungan kecil namun perputaran dan faktor kali sangat besar.

Selanjutnya Profit adalah keuntungan dalam bisnis. Artinya keuntungan dari hasil penjualan produk setelah dikurangi biaya manajemen hingga pajak.

Jadi profit bukan langsung dari ambil untung setelah harga jual dikurangi biaya produksi tapi harus dikurangi manajemen hingga pajak.

Jadi kadang profit yang dikira bakal besar setelah dikurangi yang tadi jadi kecil bahkan kecil sekali.

Selanjutnya Cashflow adalah perputaran uang di bisnis. Ibarat darah dalam tubuh kita yang membawa oksigen ke seluruh tubuh kita.

Tanpa darah yang mengalir tentu kita tidak bisa hidup. Begitu juga dengan bisnis, Tanpa ada uang yang diputarkan bisnis tidak bisa berjalan.

Uang untuk beli bahan produksi, uang untuk transportasi, uang untuk produksi, uang untuk operasional, uang untuk konsumsi hingga uang untuk listrik. 

Kita perlu paham perputarannya yang paling sederhana perputaran uang masuk dan keluar. 

Uang yang masuk lebih besar ketimbang pengeluaran dan hal tersebut stabil Ini menandakan bisnis dalam keadaan sehat. 

Selanjutnya Cash yaitu uang yang disimpan yang bisa kita pakai kapanpun. Nah ini yang krusial karena tidak ada Cash artinya siap-siap mati mendadak.

Seperti dalam berkeluarga tidak ada uang bikin kita pusing setengah mati. Karena sering pengeluaran mendadak tidak terduga muncul seperti tiba-tiba ada keluarga sakit.

Begitu juga Bisnis, kadang tiba-tiba ada eror kesalahan dan ini hal yang sering terjadi dalam bisnis.

Jadi mulailah menyimpan Cash dengan benar dan rapih. Ada yang bilang Cashflow is King, Cash is Queen, kalau aku bilang Cash is Kewarasan.


Baca juga SEO Jualan yang masih ada sedikit celah dan Harapan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Zom 100 : Mewujudkan 100 Impian Sebelum Menjadi Zombie

 Kalau judul dalam bahasa Inggris  Zom 100 : Bucket List of The Dead dan  judul Versi Bahasa Jepang adalah  Zom 100: Zombie ni Naru made ni Shitai 100 no Koto. Versi live action Netflix jepang pun sudah ada tapi disini Saya hanya baru lihat versi animenya. Kenapa ini menarik karena saya coba ingin meniru hal yang dilakukan oleh pemeran utama atau MC nya dan alasannya. Karena takut terlalu spoiler, Jadi Saya disini hanya akan mereview secara garis besar dan mengapa teman-teman coba harus nonton juga. Latar cerita anime ini, Tidak dijelaskan mengapa orang-orang berubah jadi zombie jadi tiba-tiba langsung jadi zombie tapi latar cerita utamanya adalah tentang i mpian seseorang menjadi pegawai di perusahaan Impian. Kenapa Latar cerita tersebut ini dijadikan Latar utamanya, Walaupun ini tema zombie tapi tujuan utama ini lebih ke arah Motivasinya dan Realita kejam kehidupan.  Awal Cerita si MC ini sudah diterima tempat kerja impian dan disambut dengan pesta penyambutan, biasa dengan makan-mak

Tanah Abang Masih difavoritkan untuk segmen Ibu-ibu, Bagaimana dengan anak mudanya?

  Sebelum H-1 puasa saya dan orang tua pergi ke Tanah Abang, benar saja Sangat Ramai terutama di Blok pakaian dan Tempat Makanan. Seperti kata pedagang ini akan terus ramai sampai Lebaran, Saya cek di kanal web berita benar sampai sekarang Ramai. Peningkatan omset pedagang hampir lebih 50%. Seperti kita tahu pemberitaan Tanah Abang sebelum-belumnya banyak yg protes pedagangnya karena penurunan omset. Mereka menuntut seperti pembelajaan online seperti TikTok shop, Shopee diblokir. Namun setelah tiktok shop diblokir sementara, tanah Abang masih sepi untuk hari-hari biasa. Yups menurut saya segmen tanah Abang lebih ke Ibu-ibu dan bapak yang untuk belanja pribadi ataupun dijual kembali. Dan saya cek di toko anak muda seperti pakaian dan toko sport, memang sepi pembeli. Saya amati juga jarang banget melihat anak muda yang lewat, hanya beberapa saja. Namun ketika saya cek di Toko pakaian terutama pakaian muslim, Sangat Ramai pembeli ibu-ibu dan Bapak-bapak. Artinya Segmen utama tanah Abang a

Trends Berburu Takjil Non Islam yang Viral

  Budaya keberagaman yang harus dilestarikan, Budaya keberagaman yang dibalut bercanda, saling menghormati dan mamajukan perekonomian. Netizen sosmed seperti Twitter memang keren-keren, Bagaimana membalut keberagaman menjadi konten yang menarik dan lucu. Untukmu agamamu dan untukku Takjilmu, itulah quote viral yang banyak diikuti warga Net Non Islam sambil membuat konten beli takjil. Keberagaman di Indonesia memang sangat kental terutama agama, tak heran sering jadi gesekan seperti yg lagi hot Nyepi di Bali, Tapi dengan Saling paham kita bisa menghormati dengan cara seperti ini tanpa saling sikut. Dengan cara ini juga membuat perekenomian bisa maju, Warga mulai banyak yang mengikuti beli takjil sambil ngonten, Alhasil Umkm mulai terbantu. Muslim senang, Non muslim, senang dan Umkm Pedagang terbantu. Konten creator dapat konten dan ikut membantu penyebaran hal positif (pahala) dan tentu saja netizen terhibur. Baca juga Kenapa Orang yang punya pendidikan dan Link lebih mudah Sukses.