Langsung ke konten utama

Seberapa pentingkah Panti Jompo Setuju dengan Bu Risma Yes or No ?

 

Setelah menonton podcast Praz Teguh dengan Dr Tirta Cepeng banyak hal edukasi yang menarik salah satunya kenapa harus menjaga kesehatan di Masa muda.

Karena Ternyata banyak Lansia yang depresi di Masa tuanya. Salah satu alasannya tentu masalah kesehatan. Perubahan fisik di usia muda atau prima dengan tua kadang membuat depresi.

Apalagi yang tuanya Sakit akibat perilaku hidup mudanya, Itu akan lebih bisa rentan kena depresi.

Sebenarnya contoh gampang lainnya. Kita waktu muda lihat perut sixpack kemudian saat setelah kerja lihat perut buncit bikin down.

Atau contoh lainnya Ibu hamil setelah lahiran suka terkena gejala depresi lihat keadaan fisik.

Nah sebelum membahas panti Jompo kita harus paham penyebab-penyebab Lansia Depresi.

Dikutip dari situs Halodoc penyebab depresi Lansia itu setelah perubahan fisik atau kesehatan yang dibahas di atas

Yang Kedua adalah Kesepian dan Rasa Terisolasi.

Nah saya juga punya Kakek yang sedikit pikun namun fisiknya masih cukup sehat. Karena dulu dia suka beraktivitas kerja. Dia masih suka keluar jalan-jalan atau kerja.

Namun karena agak pikun kadang jadi suka ada Miss komunikasi.

Kini Kakek dilarang oleh-oleh anak-anak untuk maen diluar suruh istirahat saja.
Niatnya mungkin terlihat baik namun seperti kakek saya ini butuh teman karena di rumah anak-anak sibuk kerja.

Oh ya kakek beda Daerah dengan saya jadi saya belum bisa ikut banyak bermain dengan Kakek.

Ketiga Tujuan hidup yang tidak Jelas.

Karena sudah tidak mengejar cita-cita, sudah pensiun atau tidak punya Jabatan tentu banyak Lansia yang jadi bingung tujuan hidup. 

Bersyukurlah yang punya agama seperti Muslim mungkin bisa fokus Ibadah.

Keempat Ketakutan.

Tentu saja anak muda saja banyak ketakutan apalagi Lansia, Keuangan, kesehatan hingga kematian.

Kelima ditinggalkan orang disayangi

Ditinggalkan pasangan hidup hingga anak tentu rentan depresi

Nah apakah Fungsi Panti Jompo sudah memenuhi kebutuhan Lansia di atas?

Nah jika di Indonesia sendiri orang yang masuk panti Jompo ada stigma orang yang ditinggalkan.

Sebenarnya itu tidak sepenuhnya salah, Karena Pemerintah yaitu Kementerian Sosial RI memang membuat panti Jompo prepare untuk Lansia yang ditinggalkan dan Rawan ditinggalkan. ( Syarat masuk Panti Jompo Dinas)

Ini terlihat jelas bahwa jumlah Panti Jompo di Indonesia yang masih terbatas sedangkan penghuni sudah sangat banyak. 

Data Kementerian Sosial RI tahun 2022 hanya ada sekitar 800panti Jompo dengan total penghuni 25.000.

Itu sudah termasuk Dinas dan Swasta (Cmiw) dan yang dibawah dinas Panti Jompo lebih sedikit lagi.

Karena gratis tentu masuk anggaran pemerintah. Kalau nambah banyak? Tentu nambah anggaran.

Nah lain Cerita jika Swasta yang harus membayar tentu Fasilitas lebih bisa disesuaikan budget.

Nah ini mungkin lebih cocok untuk tempat pensiun Lansia jika punya dana lebih. Karena fasilitas bisa lebih terjamin memenuhi kebutuhan Lansia.

Biaya bisa 1.5,juta hingga puluhan juta perbulan.

Mungkin panti Jompo yang dimaksud Bu Risma memang yang Dinas yang  masih terbatas dan fasilitas yang kurang?

Nah untuk Netizen yang setuju Mungkin memang prepare seperti Panti Jompo Swasta yang fasilitas lebih terjamin.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Zom 100 : Mewujudkan 100 Impian Sebelum Menjadi Zombie

 Kalau judul dalam bahasa Inggris  Zom 100 : Bucket List of The Dead dan  judul Versi Bahasa Jepang adalah  Zom 100: Zombie ni Naru made ni Shitai 100 no Koto. Versi live action Netflix jepang pun sudah ada tapi disini Saya hanya baru lihat versi animenya. Kenapa ini menarik karena saya coba ingin meniru hal yang dilakukan oleh pemeran utama atau MC nya dan alasannya. Karena takut terlalu spoiler, Jadi Saya disini hanya akan mereview secara garis besar dan mengapa teman-teman coba harus nonton juga. Latar cerita anime ini, Tidak dijelaskan mengapa orang-orang berubah jadi zombie jadi tiba-tiba langsung jadi zombie tapi latar cerita utamanya adalah tentang i mpian seseorang menjadi pegawai di perusahaan Impian. Kenapa Latar cerita tersebut ini dijadikan Latar utamanya, Walaupun ini tema zombie tapi tujuan utama ini lebih ke arah Motivasinya dan Realita kejam kehidupan.  Awal Cerita si MC ini sudah diterima tempat kerja impian dan disambut dengan pesta penyambutan, biasa dengan makan-mak

Tanah Abang Masih difavoritkan untuk segmen Ibu-ibu, Bagaimana dengan anak mudanya?

  Sebelum H-1 puasa saya dan orang tua pergi ke Tanah Abang, benar saja Sangat Ramai terutama di Blok pakaian dan Tempat Makanan. Seperti kata pedagang ini akan terus ramai sampai Lebaran, Saya cek di kanal web berita benar sampai sekarang Ramai. Peningkatan omset pedagang hampir lebih 50%. Seperti kita tahu pemberitaan Tanah Abang sebelum-belumnya banyak yg protes pedagangnya karena penurunan omset. Mereka menuntut seperti pembelajaan online seperti TikTok shop, Shopee diblokir. Namun setelah tiktok shop diblokir sementara, tanah Abang masih sepi untuk hari-hari biasa. Yups menurut saya segmen tanah Abang lebih ke Ibu-ibu dan bapak yang untuk belanja pribadi ataupun dijual kembali. Dan saya cek di toko anak muda seperti pakaian dan toko sport, memang sepi pembeli. Saya amati juga jarang banget melihat anak muda yang lewat, hanya beberapa saja. Namun ketika saya cek di Toko pakaian terutama pakaian muslim, Sangat Ramai pembeli ibu-ibu dan Bapak-bapak. Artinya Segmen utama tanah Abang a

Trends Berburu Takjil Non Islam yang Viral

  Budaya keberagaman yang harus dilestarikan, Budaya keberagaman yang dibalut bercanda, saling menghormati dan mamajukan perekonomian. Netizen sosmed seperti Twitter memang keren-keren, Bagaimana membalut keberagaman menjadi konten yang menarik dan lucu. Untukmu agamamu dan untukku Takjilmu, itulah quote viral yang banyak diikuti warga Net Non Islam sambil membuat konten beli takjil. Keberagaman di Indonesia memang sangat kental terutama agama, tak heran sering jadi gesekan seperti yg lagi hot Nyepi di Bali, Tapi dengan Saling paham kita bisa menghormati dengan cara seperti ini tanpa saling sikut. Dengan cara ini juga membuat perekenomian bisa maju, Warga mulai banyak yang mengikuti beli takjil sambil ngonten, Alhasil Umkm mulai terbantu. Muslim senang, Non muslim, senang dan Umkm Pedagang terbantu. Konten creator dapat konten dan ikut membantu penyebaran hal positif (pahala) dan tentu saja netizen terhibur. Baca juga Kenapa Orang yang punya pendidikan dan Link lebih mudah Sukses.